Fri. Sep 25th, 2020

GAPOKTAN DESA LAMAWARA LEMBATA LAKUKAN PENANAMAN 1000 ANAKAN POHON

2 min read

KUPANG–JARRAKPOSKUPANG.COM
Puluhan masyarakat yang terhimpun dalam Gapoktan (gabungan kelompok tani) yang terdiri dari 3 kelompok tani di desa Lamawara melakukan kegiatan penanaman pohon pada Sabtu (15/2/20).

Kegiatan ini dimulai pukul 08:30 Wita dan berakhir pukul 11:30 Wita.Ketua Gapoktan Desa Lamawara Kanisius Akubala mengatakan bahwa bibit ini merupakan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lembata sebanyak 8000 anakan pohon berupa jati super, jati putih, mahoni dan trambesi.

“Dengan anakan sebanyak itu maka kita mengambil kebijakan untuk dibagikan kepada masyarakat dengan 25 pohon per Kepala Keluarga untuk ditanami di lahan masyarakat masing-masing dan sisanya baru ditanam hari ini oleh Gapoktan di 4 lokasi berbeda dengan jumlah anakan yang ditanam sekitar 1200an pohon” ujar Kanisius yang juga merupakan ketua BPD Desa Lamawara tersebut.

Baca Juga :  Rekomendasi PDI Perjuangan Untuk Pilkada Bengkulu 2020

Lebih lanjut, Kanisius mengatakan bahwa tujuan ditanami di 4 lokasi pilihan di belakang permukiman warga adalah untuk mencegah banjir, tanah longsor, dan mengingat adanya sumur bor sehingga bisa dijadikan pelindung dan daerah resapan air serta sebagai paru-paru Desa Lamawara.

Kepala Desa Lamawara Moses Soge Tobiona mengaku senang dengan program ini dan berterima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup atas bantuan ini sembari tetap menjalin kerjasama yang baik kedepan. “Sebenarnya program ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, saya melihat respon masyarakat sangat bagus dan saya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pihak Gapoktan agar setelah ditanam, pohon tersebut dirawat dengan baik agar bisa bermanfaat maksimal dan efektif bagi kita. Kita juga berharap dengan curah hujan yang kurang baik ini tetapi pohon yang ada bisa bertahan hingga hujan datang dan menyirami dengan baik,” terangnya.

Baca Juga :  Forum BUMDES NTT Ajak Desa Dirikan Posko & BLT Musti Tepat Sasaran

Lebih lanjut Kepala Desa dua periode itu berharap pendampingan berlanjutan dari pihak Dinas agar bisa berjalan baik. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup, Ketua Gapoktan dan ketiga ketua kelompok tani dan anggota serta masyarakat Desa Lamawara yang sudah bekerjasama menyukseskan program kegiatan ini.

Jarrakposkupang.com/Mario Langun
Editor: Uta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *