Tue. Sep 29th, 2020

Dr.Emrus:”Pernyataan Wagub NTT Kelor Meningkatkan Daya Tahan Tubuh,Itu Bentuk Penghargaan Terhadap Kearifan Lokal”

2 min read

KUPANG–JARRAKPOSKUPANG.COM Mengurangi tingkat kepanikan dan ketakutan masyarakat serta menguatkan masyarakat terhadap virus corona,Wakil Gubernur Provinsi NTT Drs.Josef Nae Soi,M.M dilansir dari Kompas.com, menurutnya,untuk menangkal virus corona yang perlu dilakukan masyarakat adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan mengonsumsi daun kelor dan air daun kelor,kata dia,diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh tersebut.
“Kami sudah punya obat penangkal corona yang diberikan Tuhan yang maha kuasa yakni The Miracle Tree atau pohon ajaib kelor, jadi kami masyarakat NTT tidak takut,” kata Josef di Bandara El Tari Kupang, Rabu (4/3/2020).

Terkait pernyataan ini Akademisi Pakar Komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH),Dr.Emrus Sihombing,Sabtu (28/3/2020) diwawancarai lewat media ini mengatakan bahwa,”sebanarnya virus corona belum ada obatnya,vaksinnya masih dalam penelitian,tapi disisi lain daya tahan tubuh dan antibodi kita meningkat jika kita mengonsumsi sesuatu yang tidak berbahaya bagi tubuh kita misalnya daun kelor yang merupakan makanan biasa dikonsumsi masyarakat NTT.

Baca Juga :  Hamzah Wulakada Ajak Semua Elemen Aktualisasikan Pancasila Secara Radikal

Sebab itu sebagai suatu suatu kearifan lokal,karena berdasarkan pengelaman, daun kelor sudah dikonsumsi sejak dulu pada zaman Nenek Moyang kita sejak ratusan tahun lalu yang mempunyai khasiat tertentu misalnya meningkatkan daya tahan tubuh dan itu merupakan makanan sehari-hari tidak salah kalo kita mengonsumsinya untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

Karena kearifan lokal,berdasarkan pengelaman nenek moyang kita, mengonsumsi sesuatu bisa menyembuhkan suatu penyakit bisa saja di daun kelor ada satu zat tertentu yang juga bisa menghela suatu penyakit,sehingga meningkatkan daya tahan tubuh yang bagus dan antibodi yang baik yang bisa berhadapan dan menghela virus corona,saya kira ini merupakan hal yang perlu kita hargai,dalam bentuk penghargaan dan pemaknaan kita terhadap kearifan lokal,karena ini merupakan makanan yang sudah biasa kita konsumsi ko dan bukan merupakan berbahayakan.Jadi kebiaasaan kearifan lokal kita silahkan dikonsumsi atau dilakukan.

Baca Juga :  Prabowo Memberikan Keynote Speech Pada Pembukaan Pertemuan KASAD Se-ASEAN.

Jadi antibodi itu merupakan measurement variable atau variabel pengentara,dengan makan daun kelor dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa menghalau virus corona,tetapi bukan hanya daun kelor tetapi semua makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan antibodi,silahkan dikonsumsi tapi jangan berlebihan,harus dalam ukuran porsi yang normal”,pungkas,Direktur Eksekutif Emrus Corner,Dr. Emrus Sihombing.

Jarrakposkupang.com/Mario Langun
Editor: Uta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *