Sun. Sep 27th, 2020

Pilkada: Pemkab Ngada Siapkan Dana,KPU Ngada Akan Tetap Solid

2 min read

KUPANG-JARRAKPOSKUPANG.COM
Dampak pendemic COVID-19 menghampiri tiap lembaga dan elemen yang ada. Dampak ini juga dirasakan oleh KPU RI, yang berusaha mencari solusi yang terbaik dalam penetapan jadwal tahapan Pilkada tahun 2020, termasuk Pilkada di Kabupaten Ngada, Provinsi NTT.

Ketua KPU Ngada Stanislaus Neke menyampaikan beberapa hal mendasar berkaitan dengan keberlangsungam Pilkada di Ngada. Ia menyebutkan, berdasarkan hasil rapat disepakati Pilkada akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

“Pada saat ini,saya baru habis pertemuan dengan Pak Bupati pasca rapat semalam antar DPR RI Komisi II, KPU, Bawaslu, DKPP, bersama Menteri Dalam Negeri bahwa kesimpulannya hari perhitungan dan pemungutan suara itu terjadi pada 9 Desember 2020,” jelasnya Kamis,(28/05/2020).

Hanya saja,kata dia, pihaknya masih menunggu Peraturan KPU baru yang sedang disusun KPU Pusat. “Hal ini tentunya KPU Kabupaten atau kota sebagai eksekutor masih menunggu dari KPU RI yang sedang mendesain peraturan KPU yang mana peraturan KPU itu harus disesuaikan dengan pandemic COVID-19 sehingga memenuhi syarat hakikat Pemilu untuk membawa kesejahteraan dan keselamatan bangsa. Untuk saat ini KPU Kabupaten Ngada masih menunggu peraturan KPU RI yang siap diedarkan setelah di desain oleh KPU RI PKPU itu menjadi dasar dalam pilkada tahun 2020,” tandasnya.

Baca Juga :  VIRUS CORONA: YANG LAIN BAGI SEMBAKO, BU GURU ADELINA BAGI MATERI UNTUK SISWANYA

Hasil pertemuan tersebut pun melontarkan kabar gembira untuk KPU Ngada. Ini lantaran Pemkab Ngada menyatakan kesediaannya untuk menganggarkan dana untuk Pilkada Ngada. “Selanjutnya hasil dari pertemuan hari ini bahawa pada dasarnya Pemda Ngada siap mendukung KPU Ngada bersama jajaran denga menyiapkan anggaran tambahan terkait penambahan TPS di samping itu mengikuti protokol pemerintah antisipasi pendemic covid 19,maka jumlah pemilih di TPS akan dikurangi sehingga akan ada Tambahan TPS,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gelar Aksi,Mahasiswa UNDANA Kupang Tuntut Turunkan UKT 50 Persen

Jadi pada dasarnya, papar dia, Pemkab Ngada siap memenuhi anggaran untuk honor KPPS dan pembuatan TPS yang baru, termasuk pengadaan APD berupa masker, hand sanitiser, tempat cuci tangan.

“Sampaikan apresiasi dan terima kasih saya selaku ketua KPU Ngada terhadap Pemkab Ngada dalam hal ini Pak Bupati bersama jajaran pimpinan daerah yang siap memfasilitasi dan memproteksi penyelenggaraan Pilkada biar berlangsung sukses,” pungkasnya.

Jarrakposkupang.com/Mario Langun
Editor: Jering Buleleng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *