Wed. Sep 30th, 2020

Dandim 1604/Kupang Kunjungi Tokoh Adat Di Oepoli Wilayah Perbatasan RDTL,Ada Apa?

2 min read

KUPANG-JARRAKPOSKUPANG.COM
Komandan Kodim 1604/Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P, bersama Ny. Komang Ayu Aryanti, S.E beserta keluarga mengunjungi masyarakat dan tokoh adat di wilayah Perbatasan Oepoli, dengan Distrik Oecusi, Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), Minggu (14/06/2020).

Rangkaian kunjungan singkat Dandim 1604/Kupang bersama istrin dan keluarga di rumah toko adat, disambut oleh Romo Yohanes Brekmans Manuk Pr dari Gereja Katolik Santo Stefanus Naikliu.

Acara yang berlangsung santai dilanjutkan dengan santap makan sore khas perbatasan nasi jagung.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim Dhyana Graha mohon diri karena segera meninggalkan kursi Dandim1604/Kupang untuk bertugas di tempat lain.

“Kurang lebih 10 bulan 3 hari, saya berdinas di Kodim 1604/Kupang dan dalam waktu dekat saya akan meninggalkan Kodim 1604/Kupang. Saya beserta keluarga mengucapkan terimakasih kepada Romo Yohanes yang telah menciptakan suasana damai guna menjaga kedaulatan NKRI di perbatasan Timor Leste,” ucap Dandim Dhyana Graha.

Baca Juga :  Guna Meningkatkan Rasa Cinta NKRI, Babinsa Koramil 1604-01/Kupang Pimpin Upacara Di Sekolah

Ia juga memohon doa restu dari Romo Yohanes da masyarakat setempat agar mendapatkan penyertaan dan perlindungan di tempat yang baru .
“Saya beserta keluarga minta maaf mungkin selama kepemimpinan saya ada perkataan dan tindakan yang kurang berkenan dihati,” ujarnya.

“Saya tahu peran Romo disini membawa dampak kepada masyarakat, maka dari itu saya selaku Komandan Kodim 1604/Kupang menitip pesan kepada Romo untuk meneruskan apa yang telah dilakukan selama ini agar terus menciptakan suasana yang kondusif di wilayah perbatasan,” ujar Dandim Dhyana Gaha.

Setelah berkunjung dari Romo Yohanes Brekmans Manuk Pr (Gereja Katolik Santo Stefanus Naikliu), Dandim meneruskan perjalanan ke kediaman Raja Amfoang T.O.M Kameo.

“”Saya sangat senang sudah pernah menjadi bagian dari Kodim 1604/Kupang, karena disini saya bisa bertemu dengan orang-orang baru termasuk Bapak Raja Amfoang T.O.M Kameo. Saya banyak belajar dari bapak bagaimana menjadi pemimpin dan itu satu hal yang sangat berkesan bagi saya. Makanya saya bersyukur sekali karena itu mungkin sedikit hal yang ingin saya sampaikan tapi pada intinya ini bukan pamitan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Peringati HPSN, Babinsa Koramil 1604-01/Kota Ikut Andil Bersihkan Sampah

Dandim 1604/Kupang mengucapkan rasa terimakasih kepada tokoh adat dan agama yang sudah menyambut dengan acara khusus untuknya. 

“Saya merasakan keramahan yang benar-benar tulus serta rasa kekeluargaan yang mengikat, dengan budaya dan suku yang dibangun dengan baik penuh kekompakan. Saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf serta mohon doa restu dari Bapak Raja Amfoang T.O.M Kameo untuk berdinas di kesatuan baru nantinya,” kata Dandim asal Bali itu.

“Melalui Bapak T.O.M Kameo, Dandim berharap semoga wilayah perbatasan tidak ada gangguan dan ancaman. tetap menjaga sinergitas antara TNI – Rakyat. Jaga kekompakan demi keamanan dan kenyamanan kedaulatan wilayah NKRI,” pungkas Dandim Dhyana Graha.

Jarrakposkupang.com/Mario Langun
Editor: Nyoman Sarjana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *