Sun. Sep 27th, 2020

Pakar Komunikasi:”Debat Erick Thohir VS Adian Napitupulu Bagus Untuk Pencerahan Publik”

2 min read

KUPANG-JARRAKPOSKUPANG
Pakar komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing/Net
Kehadiran pamflet debat terbuka antara politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu dan Menteri BUMN Erick Thohir di media sosial dipertanyakan. Pertanyaan mengerucut pada siapa yang membuat flyer tersebut.

“Saya terus terang mengatakan yang membuat itu siapa? Apakah kalau yang membuat itu adalah pihak ketiga tidak dari Adian tidak dari Erick Thohir, itu sangat kecil terjadi,” ujar pakar komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (3/7),berita ini pun sudah pernah terbit di RMOL.ID dengan judul yang berbeda.

Baca Juga :  Bagi Masker Gratis Liga Mahasiswa NasDem Minta Pemerintah Perhatikan Area Pasar

Dari sudut komunikasi, sambung Emrus, kehadiran pamflet itu bisa memunculkan beberapa kemungkinan. Pertama, jika pembuat poster itu adalah pihak ketiga, maka kemungkinan tidak akan terjadi debat terbuka.

Kedua, tingkatan yang memungkinkan debat itu bisa terjadi adalah jika salah satu pihak, baik Adian atau Erick Thohir memang berkeinginan untuk berdebat.

“Ketiga, tingkatan yang lebih tinggi itu sudah pasti kalau berduanya sepakat. Itu kan kalau dari sudut komunikasi,” jelas Emrus.

Baca Juga :  Hadiri Upacara Peringatan Badan Sar Nasional Ke-48,Dandim 1604/Kupang Harapkan Basarnas Semakin Profesional dan Militan

Terlepas dari itu, Emrus menilai perdebatan itu sangat bagus jika memang benar-benar terjadi atau terwujud. Dengan adanya debat, maka permasalahan yang ada di BUMN bisa terurai dengan baik.

Publik bisa secara gamblang mengerti tentang apa yang sebenarnya terjadi langsung dari pihak-pihak yang kompeten.

“Bagus sekali kalau itu terjadi. Sebaiknya mereka ini bertemu antara Adian dengan Erick Thohir, buka-bukaan saja,” katanya.

Editor: Mario Langun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *