Tue. Nov 24th, 2020

GMNI Bengkulu Ingatkan Mahasiswa Harus Aktif Memantau dan Mendorong Agar BST Tepat Sasaran

2 min read

DPC GMNI Bengkulu

Bengkulu,  JarrakposBengkulu, – Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Bengkulu bekerjasama dengan Dinas Sosial dan Kantor Pos Bengkulu melakukan diskusi Webinar yang bertemakan Bantuan Sosial Untuk Kesejahteraan Rakyat menggunakan media zoom, Selasa (10/11/2020).

Dalam diskusi tersebut dipandu langsung oleh Sudi Simarmata Ketua Cabang GMNI Bengkulu sebagai moderator dikuti oleh sekitar 85 peserta dan dihadiri langsung oleh narasumber Kepala Kantor Pos Bengkulu Guntama, Pramudya, Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Tarmizi.,M.Psi dan mewakili Alumni GMNI Bengkulu Dedi Zulmi.,S.P.

Melalui penjelasan materi yang disampaikan oleh pihak Dinsos Provinsi Bengkulu Tarmizi.,M.Psi mengungkapkan bahwa Bengkulu patut berbangga karena dalam penyaluran BST Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang terbaik diantara provinsi lainnya.

Dalam diskusi itu, juga disampaikan bahwa hampir sama dengan masyarakat yang ada di daerah provinsi lainnya terungkap bahwa ada sebagian masyarakat yang belum mendapatkan Bantuan Sosial Tersebut dikarenakan adanya kendala dalam administrasi persyaratan dimana masyarakat tidak mempunyai KTP, sementara dalam pendataan agar tidak ganda pihak dinsos dan PT Pos Indonesia membutuhkan Nomor Induk Kependudukan sebagai data yang valid.

Baca Juga :  Anjangsana Dari Korem 161/WS,Pimpinan PA Bakti Luhur C Baumata Merasa Bangga Dan Bersyukur

Ketua GMNI Cabang Bengkulu Sudi Sumberta Simarmata menilai negara sangat serius dalam mengatasi dampak yang ditimbulkan pandemi ini.

Bahwa yang menjadi poin penting dari pelaksanaan BST ini adalah wujud keseriusan negara untuk hadir memberikan sentuhan kepada masyarakat atas pandemic covid-19 agar daya beli masyarakat juga meningkat sekaligus upaya menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

“Bahwa dalam sistem negara kesejahteraan, negara tidak hanya berusaha untuk memberikan bantuan kepada orang miskin, tetapi juga memberikan perlindungan sosial bagi seluruh rakyat untuk menghindari kemiskinan” Ujar Sudi.

Sementara itu diskusi ini dihadiri juga oleh Dedi Zulmi selaku pengamat dalam diskusi ini menyampaikan apresiasi atas langkah-langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah, bahwa dalam situasi hari ini menghadapi resesi ekonomi yang ada pemerintah harus mengoptimalkan berbagai cara salah satunya bantuan sosial ini harus tepat sasaran.

Baca Juga :  DISDIK Prov NTT Gelar Lokakarya Grand Design Pendidikan Dan Kebudayaan

Dan juga mengingatkan bahwa peran mahasiswa juga harus aktif untuk memantau dan mendorong agar kemudian BST ini tepat sasaran.

“Diharapkan beberapa mahasiswa dari berbagai kabupaten/ kota yang ada juga melakukan sosialisasi dan kesiapan untuk mendampingi manakala dirasa ada hak-hak masyarakat yang terabaikan dalam penyaluran BST Tersebut” Ujar Dedi Zulmi.

Kepala Kantor Pos Bengkulu mengingatkan ada poin penting yang harus dipahami bahwa penyaluran BST bisa dilakukan dalam tiga bagian.

“Yang pertama bisa dilakukan dikantor Pos, melalui komunitas, ataupun jika masyarakat mengalami kendala dalam pencairan BST tersebut diakrenakan sakit atau hal lainnya yang memang membuat tidak bisa hadir ke kantor Pos maka pihak Pos yang akan mendatangi langsung masyarakat tersebut” Kata Guntama. Selaku Kepala Kantor Pos Bengkulu. dor/jmg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *