DaerahPariwisata

Memperingati Hari Perempuan Internasional PMKRI Bengkulu Bersih-Bersih Pantai Jakat

Bengkulu, JarrakpostBengkulu.com-(Senin, 8 Maret 2021) Memperingati hari perempuan internasional PMKRI Bengkulu bersih-bersih pantai jakat

Darurat sampah, PMKRI Cabang Bengkulu St. Stanislaus Kostka lakukan aksi perempuan peduli terhadap kebersihan lingkungan hidup dalam rangka memperingati “International Woman’s Day”.

Kegiatan ini dilaksanakan di pusat pariwisata pemandian Pantai Zakat kota Bengkulu dengan cara melakukan proses bersih-bersih sampah sepanjang pusat pariwisata pemandian Pantai Zakat.

Berangkat dari upaya pemerintah kota Bengkulu dalam mewujudkan Bengkulu sebagai pusat pariwisata karena memiliki pantai yang berpotensi dan berpeluang besar sebagai salah satu ikon daya tarik wisatawan. Dalam pengembangan pariwisata pantai diperlukan suatu usaha untuk melestarikan dan mengembangkan aset atau potensi wisata pantai. upaya pengembangan tersebut diharapkan akan berdampak baik dalam mewujudkan pantai Bengkulu sebagai pusat pariwisata yang berkelanjutan. Hal itu juga akan menunjang perekonomian masyarakat sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Bengkulu.

Pantai Zakat menjadi titik fokus berlangsungnya kegiatan aksi perempuan peduli karena pantai tersebut merupakan salah satu primadona Bumi Rafflesia. Pantai Zakat menjadi destinasi utama wisatawan karena sangat strategis dan mudah dijangkau serta memiliki keindahan yang sangat memukau. Terlebih karena pantai tersebut merupakan salah satu pusat pemandian yang tergolong aman. Jika dilihat secara geografis, letak pantai Zakat berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Akan tetapi pantai tersebut memiliki ombak yang cukup tenang dan sangat aman bagi para pengunjung.

Baca Juga :  Kodim 1604/Kupang Gelar Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan Dan Kemampuan Teritorial

Sebagai destinasi utama wisatawan yang sarat akan keindahan, sudah seharusnya pantai Zakat dijaga dan dirawat. Namun kenyataan, manajemen sampah masih terlihat sangat kurang baik. Sampah berserakan seperti batok kelapa muda yang dijual pedagang dipantai tersebut dan berbagai macam sampah plastik lainnya. Melihat pemandangan tersebut sepertinya pedagang maupun pengunjung kurang peduli terhadap kebersihan sampah, karena jika dipantau bahwasanya sampah sudah berserakan diberbagai titik.

“Masyarakat serta pengunjung harus meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan pantai terutama pemukiman warga yang berdampingan dengan pantai. Terlihat bahwasanya aliran limbah rumah tangga juga ikut mengalir menuju pantai. Apabila hal tersebut terus menerus dibiarkan, maka akan terjadi pencemaran yang juga berdampak pada ekosistem laut, selain itu akan berdampak juga terhadap daya tarik wisatawan” ujar Sanjaya Pangaribuan, ketua presidium PMKRI Cabang Bengkulu

Baca Juga :  REPOSISI PERAN PEREMPUAN SEBAGAI AGEN OF CHANGE LINGKUNGAN HIDUP

Minimnya ketersediaan tong sampah harus menjadi perhatian pemerintah setempat. pembuangan sampah organik dan non organik juga harus di manajemen dengan baik. Keterlibatan pemerintah dalam melakukan pengendalian, pencegahan dan mengalokasian sampah pada umumnya menjadi hal yang sangat krusial terhadap proses penyelesaian masalah tersebut. Bagaimana kemudian Pemerintah bersinergi dengan masyarakat untuk melestarikan keindahan pariwisata kota Bengkulu terkhususnya pantai Zakat agar tetap eksis demi kenyamanan dan keamanan pengunjung serta keselamatan ekosistem laut dilingkungan pantai.

Aksi perempuan peduli lingkungan hidup dengan cara bersih-bersih sampah kawasan pantai Zakat menjadi salah satu bentuk protes kaum perempuan terhadap polemik sampah yang kian tak kunjung mereda dari dulu hingga sekarang. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat serta pengunjung dapat meningkatkan kesadaran akan kebersihan dan keasrian pantai. Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menampar kelalaian pemerintah kota terhadap minimnya fasilitas yang mendukung diterapkannya kebersihan pantai.

Wartawan : Ferdinan

Editor : Limbeng

Banner BengkuLu Jarrakpos   Banner BengkuLu Jarrakpos   Banner BengkuLu Jarrakpos   Banner BengkuLu Jarrakpos   Banner BengkuLu Jarrakpos   Banner BengkuLu Jarrakpos

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button