DaerahNasional

Elva Hartati Bersama BKKBN Gelar Sosialisasi Cegah Stunting

BENGKULU, jarrakposbengkulu.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Komisi IX, Hj. Elva Hartati Murman bersama BKKBN menggelar sosialisasi pencegahan stunting di Kantor Desa Giri Kencana, Kabupaten Bengkulu Utara Selasa (7/11/2020). Kegiatan ini mengusung tema Peran serta Mitra Kerja dan Stakeholder dalam Implementasi Kegiatan Prioritas Pembangunan Keluarga Melalui Sosialisasi Pencegahan Stunting.

Tidak tanggung-tanggung, pada sosialisasi ini hadir Kepala BKKBN RI, dr. Hasto Wardoyo.

Dalam sambutanya, Elva Hartati sangat mengapresiasi Kepala BKKBN RI bisa hadir ke Bengkulu bahkan pertama kali ini langsung ke desa. Meski memang, Presiden menunjuk BKKBN sebagai panitia penjegahan stunting.

“Kehadiran Pak Hasto menjadi semangat bagi masyarakat Bengkulu untuk sama-sama mencegah stunting,” ucapnya.

Disampaikannya juga, masyarakat harus penuhi gizi bayi sampai 5 tahun, yang pastinya buah dan ikan.

“Anak adalah generasi pemimpin selanjutnya. Jadi ayo kita penuhi gizi anak-anak kita, agar menjadi generasi yang cerdas,” ujarnya.

Baca Juga :  PWI Adakan Pelatihan Jurnalistik Untuk Tingkatkan Kompetensi Media

Ia juga mengajak, seluruh pihak dan masyarakat untuk sama-sama bekerja untuk mencapai target pencegahan stunting ini.

“Hindari perkawinan dini. Dan tidak kalah penting juga manfaatkan pula pekarangan rumah untuk mencukupi gizi anak,” cetusnya.

Sedangkan itu, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan, ada tiga kerugian jika terkena stunting ini. Pertama tidak tinggi, intelektualnya rendah.

“Lalu kalo sudah tua cenderung gemuknya di tengah,” cetusnya.

Tidak hanya itu, stuntung akan sering terkena tekanan darah tinggi bahkan obesitas.

“Penyebab stunting ini karena kurang adanya nutrisi seimbang. Sering makan yang kurang bergizi,”
jelasnya.

Ia juga menyebutkan, 1000 harinya cegah stunting itu saat ketemunya sperma dan sel telur. Maka itu sudah dihiting hari pertama, jadi sejak inilah dipikirkan gizinya untuk dicukupi protein.

Baca Juga :  GMI Tanjungpinang dan Rediston Sirait, S.H Kecewa dengan Keputusan Arogansi Walikota terkait Persoalan IMB Gereja

“saya juga terima kasih kepada Bupati yang sudah menciptakan pendampingan.yaitu persiapan hamil 3 bulan seblumnya,” terang Hasto.

Di sisi lain Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian, menyebut momen ini sebagai apresiasi dengan sosok Elva Hartati. Karena Elva telah sangat mendukung kegiatan kesehatan, KB bahkan BPJS di Bengkulu Utara bahkan Provinsi Bengkulu.

“Sudah banyak yang diperbuat oleh bu Elva di Kabupaten ini. Sangat mengucapkan sangat berterima kasih,” ungkapnya.

Tak hanya Mian, Wakil Gubernur Bengkulu, H. Rosjonsyah juga memberikan apresiasi kepada Elva Hartati, sebab begitu banyak yang diperjuangkan untuk Provinsi Bengkulu.

“Maka itu, karena saya merasa dekat dengan Pak Hasto, jadi saya berinisiatif bertemu dengan beliau untuk saya ajak ke Bengkulu. Alhamdulilah hari ini terealisasi,” pungkasnya.(limbeng)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button