DaerahEkonomiNasionalPariwisata

Dadang Mishal, Tawarkan Konsep Membangun Desa Menuju Desa Mandiri di Kabupaten Kaur

KAUR, jarrakposbengkulu.com – H. Dadang Mishal, SH, MM bersama Tim membawa program untuk desa, untuk menjadikan desa mandiri dari potensi yang dimiliki. Kali ini, kegiatan ini dilakukan di Kabupaten Kaur yang dihadiri oleh Puluhan Kepala Desa di Kabupaten Kaur, Senin (3/01/2022) lalu di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten kaur.

Dadang Mishal sebagai tokoh pembangunan di Bengkulu, dirinya peduli dengan pembangunan yang dimulai dari desa. Ia ingin mengawal program-program dari kementrian dengan tema “Dadang Mishal Membangun Desa, Menuju Desa Mandiri”.

Dadang selalu menanamkan trisakti Bung Karno yang mana bedaulat dalam bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkeperibadian dalam kebudayaan. Tak hanya itu, Dadang juga selalu menanamkan sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Di hadapan kepala desa, Dadang memaparkan program-program dari kementerian dan program-program dari dirinya sendiri.
Ia menjelaskan, dia bersama- sama kades yang ada di Kabupaten Kaur berjuang untuk menjadikan desa di sini mandiri, mulai dari ekonomi budaya, pertanian dan kelautan.

Dikatakannya, dirinya sangat perihatin terhadap anggaran dana desa sekarang, yang mana 40% itu diperlakukan untuk BLT. Maka dari itu Dadang datang membawa solusi, program pertamanya yaitu Warung Bangsa, yang mana program ini salah satu upaya membangun gerakan berbasis produk buatan negeri.

Baca Juga :  IPELMEN-Kupang Gelar MPAB Dengan Harapan Mampu Bersaing

“Kabupaten Kaur dikenal dengan produk olahan guritanya, membangun bisnis retail berjaringan antar desa berbasis digital, mampu melakukan transaksi online to offline dan offline to online, mendorong produksi UMKM dan lembaga ekonomi desa sebagai pelaku utama dalam jaringan sistem usaha. Bahkan mendorong peningkatan kualitas SDM perdesaan dalam kewirausahaan khususnya ritel,” papar Dadang.

Dalam kesempatan yang sama, Dadang Mishal juga mengawal program dari kementerian ketenagakerjaan dan mengimplementasikan kepada masyarakat di Kabupaten Kaur. Seperti Program TKM tenaga kerja mandiri Ultra Mikro, yang mana sudah terbukti ada 44 kelompok yang sudah dapat bantuan 24 juta rupiah yang terdiri 16 orang dalam satu kelompok.

“Tersebar di Kabupaten Bengkulu Selatan 4 kelompok di Kabupaten Mukomuko 18 kelompok dan Kota Bengkulu 17 kelompok,” ujarnya.

Program ke dua Dadang Mishal juga mengawal program dari kementerian koperasi yang mana mengkampanyekan pembuatan NIB gratis, karena NIB salah satu KTP dan SIM legalitas para pelaku usaha.

Baca Juga :  Terkait Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Sikka, Ini Tanggapan Kordum AMM

Selain itu pula, Dadang tidak datang dengan tangan kosong. Ia juga membawa oleh-oleh untuk kepala desa yaitu produk Nutrisi pertanian yang dibuat oleh Tim kerjanya, dimana salah satu solusi untuk petani-petani dan peternak yang ada di Kabupaten Kaur.

“Tujuannya agar dapat memproduksi tananan dan ternak dengan baik dan dapat membantu perekonomian petani serta peternak yang ada di Kabupaten Kaur,” ungkapnya.

Adapun program terkahir Dadang ialah mengangkat profil desa, profil kepala desa, profil potensi desa dan profil wisata desa.

“Publikasi terkait desa akan ia jembatani ke kementerian  desa di pusat,” cetusnya.

Dadang Mishal, yang juga salah satu Ketua Koperasi Andalas Bahari Jaya, karena melihat potensi nelayan di Kaur begitu produktif, maka itu dirinya membina Kelompok usaha bersama para nelayan.

“Salah satu kepala desa meminta dan berharap saya datang membawa solusi dalam pembinaan para nelayan yang ada di Kabupaten Kaur ke depannya,” terangnya.

Harapan Dadang, silaturahmi ini jangan berhenti sampai disini, semoga akan selalu ada komunikasi untuk program- program selanjutnya.(limbeng)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button