Pendidikan

Dosen FKIP Unib memberikan pelatihan penggunaan Teknologi Mendeley Di SMA Negeri 11 Kota Bengkulu

BENGKULU, jarrakposbengkulu.com Dosen FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Bengkulu Memberikan Pelatihan Penggunaan aplikasi teknologi mendeley untuk meningkatkan keterampilan menulis dan publikasi pada Guru-Guru SMA Negeri 11 Kota bengkulu dalam acara ini bertempat di Gedung SMA Negeri 11 Kota Bengkulu pada hari sabtu (06/08/22) yang mana di hadiri Oleh Kepala sekolah SMA Negeri 11 Kota Bengkulu Dr.  Bihanudin, S.Pd., M.Pd, tim Pengabdi Dosen FKIP Universitas Bengkulu Defliyanto, M.Pd. Sebagai Ketua, Bogy Restu Ilahi, M.Pd. Sebagai Anggota , Fina Hiasa , M.A. Sebagai Anggota dan di ikuti Seluruh Guru-Guru SMA Negeri 11 Kota Bengkulu.

Defliyanto dosen FKIP Universitas Bengkulu mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat, tugas dosen itu ada tiga pengajaran / pendidikan, Penelitian dan Pengabdian”,
Tentu nya kami tim pengabdian Dari FKIP Universitas bengkulu melihat Di Provinsi Bengkulu ini tentunya pada pada Guru-Guru saat adalah untuk meningkatkan Kompetensinya atau naik pangkat jabatan fungsional nya itu salah satunya dengan menulis dilanjutkan Publikasi, publikasi ini merupakan    hasil tulisan atau karya ilmiah yang di akan publikasikan di Jurnal Online yang sudah terindeks nasional atau terakreditasi Sinta.”, Defli.
Bogy Restu Sebagai tim pengabdi juga menjelaskan Saat ini rata-rata Guru-Guru itu sangat baik dalam menulis tetapi etika dalam menulis dan publikasi saat ini dirasa masih perlu peningkatkan, terlihat jelas banyaknya guru yang terkendala publikasi bagaimana caranya bisa lulus pada saat Reviewer jurnal, jadi artikel atau tulisan yang kita buat itu belum tentu bisa lulus dan atau bisa di publikasikan atau bisa terbitan dan ada verifikasi nya pada saat penulisan saat publikasi jurnal.
Dan hasil verifikasi ini lah kami melihat banyak Guru  terkendala pada kutipan-kutipan dan referensi yang belum update  hasil menyesuaikan tahun terbaru dan ini dirasa bisa diperbaiki dengan teknologi saat ini yaitu aplikasi mendeley dimana rata-rata jurnal terindeks Sinta mengakui kutipan apabila sudah menggunakan mendeley. Teruanata pada guru SMA negeri 11 kota Bengkulu. Ungkap Bogy Restu.

Baca Juga :  Ketua DPW PPNI Fauzan adriansah apresiasi Perjuangan Lulusan Ners

Fina Hiasa sebagai anggota tim pengabdi juga memaparkan dan menjelaskan teknologi mendeley, teknologi Mendeley ini fungsi nya itu untuk membantu dalam penulisan agar lebih terarah dan dengan baik lagi yaitu kutipan-kutipan yang bersifat online itu bisa mereka donwload, dan bisa memasukan sifat- sifat Mendeley dan kutipan atau referensi- referensi itu bisa otomatis dengan aplikasi itu sehingga kita bisa buat daftar Pustaka di akhir tulisan kita bisa secara otomatis dan bisa legal. Rata-rata syarat pada saat jurnal tempat terbit artikel atau tulisan guru-guru itu rata-rata itu wajib syaratnya mendeley. Sekarang guru -guru itu belom mengenal dan memahami tentang mendeley itu, maka dari itu kami bersama Ketua kami pak Defliyanto dan anggota pak Bogy restu serta saya sendiri Fina Hiasa melakukan pengabdian di SMA Negeri 11 ini guna membantu guru guru disana mengenalkan aplikasi mendeley dan memberikan pengetahuan tentang aplikasi mendeley dan juga melakukan simulasi tentang aplikasi mendeley itu ” Kata Fina.

Baca Juga :  Dandim 1604/Kupang Pimpin Tactical Floor Game Penjemputan PMI Kabupaten Kupang

Defliyanto. Harapan kami sebagai Tim pengabdian  semua laptop Guru- Guru itu bisa ada aplikasi mendeley dan mereka bisa  meningkatkan ketrampilan menulis mereka sehingga masalah terjadi selama ini bahwa tulisan atau artikel mereka sering di rijek untuk diterbitkan di jurnal itu akan berkurang, karena mereka sudah memahami aplikasi mendeley dalam membantu menulis karya Ilmiah Tulisan atau artikel.
Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam bidang menulis dan publikasi dalam bantuan aplikasi mendeley dan juga dimana kegiatan pengabdian ini juga ada materi penulisan karya Ilmiah dengan baik dan materi pengenal dan prmahan aplikasi mendeley dan juga praktikum pengoperasian aplikasi mendeley ,”, Ungkap Defliyanto.(limbeng)

Banner BengkuLu Jarrakpos   Banner BengkuLu Jarrakpos   Banner BengkuLu Jarrakpos   Banner BengkuLu Jarrakpos   Banner BengkuLu Jarrakpos   Banner BengkuLu Jarrakpos

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button